MASA DEPAN DOOH: 3 TREN YANG AKAN LEBIH SERING KITA LIHAT DI TAHUN 2023

Otego media iklan luar ruang

Naja Putri Lutfi 

Tim Marketing Otego

17 April 2023

 

Disadur dari artikel

https://dooh.co.za

Industri media OOH berkembang dengan pesat setelah masa-masa kelam pandemi tahun 2020 sampai dengan 2022. Pada tahun ini waktunya DOOH bersinar dengan para pengiklan menerima manfaat, yang hanya ditawarkan oleh hadirnya merek yang lebih besar dari kehidupan nyata dan dipadukan dengan teknologi canggih. 

 

 

Tiga tahun terakhir telah membuktikan keuletan, kreativitas, dan ketahanan industri OOH. Tidak hanya itu, para pengiklan telah menemukan cara untuk tidak hanya mengurangi tantangan yang dihadapi industri OOH di era terkini. 

 

 

Berikut adalah tiga tren yang akan meramaikan dunia out of home advertising:

 

 

  1. pDOOH mulai digunakan banyak pengiklan

Beberapa tahun yang lalu hanya sedikit yang mengetahui tentang DOOH terprogram (pDOOH), masuk ke tahun 2023, hampir setiap pemain di industri OOH tidak hanya mengetahui pDOOH, bahkan juga memahami bahwa pDOOH dapat menguntungkan mereka dan semakin merangkul teknologi di dalam campaign mereka. 

 

Sebelumnya, pembelian iklan berbasis dengan loop atau satu kali putaran penayangan merupakan opsi pertama. Tetapi, dengan adanya pDOOH terdapat adanya pergeseran ke pembelian berbasis audiens. Informasi penting seperti data real time dapat diintegrasikan ke platform sehingga pengiklan dapat menentukan pasar mereka dengan lebih jelas dan hanya menayangkan iklan ketika audiens berada di depan layar. 

Wujud dari pDOOH adalah videotron. Penggunaan pDOOH saat ini sangat menguntungkan para pengiklan karena dari satu channel media dapat berintegrasi dengan media lainnya. Dengan semakin banyak menggunakan media chanel, maka campaign yang dijalankan akan dikenal banyak orang.

2. Melibatkan Omni-Channel Dalam Perencanaan dan Pengukuran DOOH

 

Para ahli strategi digital semakin banyak memasukkan DOOH ke dalam rencana programatik beserta dengan media digital lainnya. Merek sekarang dapat membeli di samping jenis campaign mereka sendiri dan mengintegrasikan DOOH ke dalam campaign omni-channel yang lebih besar. 

 

 

Sekarang, DOOH juga dapat diukur sama seperti media digital lainnya, dengan memiliki model atribusi yang dilampirkan pada campaign. Sifat DOOH yang dinamis memungkinkan campaign untuk diadaptasi dan dioptimalkan berdasarkan data lisan, pengiklan juga dapat menetapkan metrik yang spesifik. 

3. Adanya kolaborasi antar perusahaan OOH

Pandemi memicu semangat kolaborasi antara perusahaan media yang berlaku bahkan setelah pembatasan lockdown. Pada tahun 2023 akan terdapat banyak pengaturan yang menguntungkan pemangku kepentingan. Seperti pengumpulan jaringan penerbit akan menjadi lebih umum karena perusahaan media sadar akan potensi manfaat yang ditawarkan pada pengiklan mereka.

 

Mengenai Otego Media

Sebagai media OOH, Otego selalu berkomitmen membantu klien dan pemilik brand membuat iklan maupun konsep kreatif yang menarik, tidak membosankan, yang bisa meningkatkan awareness
dan brand value.

Otego Media dapat membantu anda beriklan di MRT Jakarta dengan beragam pilihan lokasi maupun strategi iklan dan menjangkau lebih dari 19.7 juta Audiens (data ridership MRT 2022),dengan tingkat awareness iklan mencapai 87% dan persepsi iklan 90% bagus/sangat bagus (Otego Media Audience Research, 2022).

Otego Media adalah perusahaan media periklanan yang menyediakan semua aspek iklan komersial di wilayah operasional MRT Jakarta, baik di stasiun maupun ratangga. Untuk Kerjasama, silakan menghubungi kami di hello@otegomedia.com