MENGHUBUNGKAN MEDIA LUAR RUANG DENGAN KOMUNITAS

Komunitas dengan media luar ruang

Otego media iklan luar ruang

Artikel Oleh

Ferina Arkan

21 November 2023

 

Media luar ruang dapat menjadi bagian krusial dalam membentuk dan memperkuat hubungan baik antar produk dengan audiens atau hubungan antar individu dalam suatu komunitas. Media yang semakin canggih ini memiliki kekuatan menghubungkan kita dengan konten-konten hiburan, hingga informasi yang mempengaruhi kehidupan serta menambah pengetahuan kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana hubungan media luar dengan komunitas itu terjadi.

Alasan Pentingnya Hubungan Media Luar Ruang dengan Komunitas

1.Visualisasi dan Eksistensi Identitas dari sebuah Komunitas

Komunitas yang sudah besar maupun baru terbentuk pastinya membutuhkan publikasi atau menyebarkan awareness kepada masyarakat luas akan eksistensi komunitasnya. Hadirnya media luar ruang dapat menjadi platform yang cocok untuk mengekspresikan identitas, nilai-nilai, hingga kepentingan komunitas itu sendiri. Menggunakan media luar ruang yang dapat diakses oleh masyarakat luas membuat media luar ruang cocok dengan berbagai kepentingan komunitas yang ada.

2.  Mempromosikan Kegiatan

Tidak hanya digunakan untuk kepentingan komersil perushaan, penggunaan media luar ruang juga sering digunakan untuk mempromosikan kegiatan dalam bentuk acara seni, festival, konser, workshop, dan yang lainnya. Media luar ruang mempunyai kekuatan untuk mendatangkan partisipan dari anggota komunitas maupun audiens, sehingga dapat mempererat ikatan sosial dan menciptakan rasa kebersamaan.

3.  Mendukung Perekonomian Lokal

Jika Anda mempunyai bisnis lokal atau UMKM, dengan mempromosikan menggunakan media luar ruang dapat mendukung perekonomian lokal. Mulai dari promosi, mendorong kunjungan ke tempat usaha, membuka peluang kerja sama antar bisnis lokal, hingga meningkatkan kesadaran masyarakat. Dengan beriklan di media luar ruang mempunyai peluang lebih besar agar bisnis Anda dikenali masyarakat lokal, karena banyak warga Indonesia yang menghabiskan waktunya di luar rumah untuk kepentingan bekerja, bersekolah/kuliah, liburan, dan yang lainnya.

4. Memfasilitasi Dialog serta Diskusi Para Komunitas

Pemasangan iklan, karya seni, hingga pesan di dalamnya dapat memunculkan potensi dialog hingga diskusi di antara komunitas. Dengan lokasi peletakan media luar ruang di kawasan ramai dilalui orang membuat munculnya potensi berdialog antarkomunitas sehingga menciptakan ruang untuk bertukar pemikiran, ide, hingga perspektif untuk memperkuat rasa saling pengertian dan toleransi sesama.

Beberapa Contoh Komunitas yang Menggunakan Media Luar Ruang

– BTS (Army)

Media Luar Ruang BTS Exhibitation: Proof In Jakarta

Siapa yang gak tahu boyband asal negeri Korea Selatan ini? BTS atau kepanjangan dari Bangtan Boys sudah berkarir di dunia musik hingga 10 tahun lamanya dengan meraih berbagai prestasi. Untuk merayakan Anniversary ke 10 tahun BTS menggelar exhibition yang bertajuk BTS EXHIBITION: Proof in JAKARTA pada tanggal 17 November – 10 Desember 2023 mendatang yang terletak di Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Para fans BTS atau disebut Army Indonesia pasti sudah sangat menantikan exhibition ini, terbukti dengan postingan Instagram dari promotor BTS EXHIBITION: Proof in Jakarta (Instagram: @ime_indonesia) mendapat likes hingga 45,8K dan komentar 3,3K.

Untuk menyebarluaskan informasi ini, BTS EXHIBITION:Proof In Jakarta menggunakan juga media luar ruang di MRT Jakarta. Menggunakan media luar ruang memang efektif untuk menyebarluaskan informasi, karena banyak orang yang akan melihat iklan tersebut saat menaiki ataupun turun dari kereta MRT.  Dengan adanya iklan tersebut juga membuka kemungkinan adanya dialog antar Army (fans BTS) bahkan Army dengan masyarakat non fans BTS. Konten event ini di socmed Otego Media saja sudah diputar lebih dari 116 ribu kali dan mengundang lebih dari 300 komentar pengguna TikTok.

-Whiskas (PT.Mars Symbioscience Indonesia)

             Activation booth Whiskas 2023                                 Activation activity Whiskas

Bagi Anda pecinta kucing sudah tidak asing lagi dengan salah satu merek makanan kucing ini. Pada 26 Oktober hinga 1 November 2023 Whiskas memberikan satu pouch makanan wet kucing secara gratis pada Stasiun MRT Dukuh Atas. Dengan membuka booth activation, Whiskas langsung didatangi penumpang yang sedang akan naik maupun turun MRT. Kegiatan activation brand atau interaction marketing dari Whiskas sangat disukai para konsumen ataupun anggota komunitas, karena menciptakan perbincangan hingga bertukar pikiran mengenai topik yang sama yaitu kucing.

– Pekan Kebudayaan Nasional 2023 (KEMENDIKBUD)

Media Luar Ruang PKN 2023Salah satu acara dari Kementrian Pendidikan dan Budaya Indonesia yaitu Pekan Kebudayaan Nasional adalah amanah Kongres Kebudayaan Indonesia tahun 2018, untuk menyediakan ruang bagi keberagaman ekspresi budaya dan mendorong interaksi untuk memperkuat kebudayaan yang inklusif.  Terdapat banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan pada Pekan Kebudayaan Nasional tahun 2023, mulai dari pameran, kenduri rasa, lokakarya, dapur bangsa, diskusi publik, perjamuan, pergelaran, gelar wicara, instalasi, konferensi, artist talk, kongres, perjamuan, DKT, dan Permainan tradisional. Adanya Pekan Kebudayaan Nasional pastinya menguntungkan bisnis lokal atau UMKM, karena diajak andil dalam acara tersebut, tak lupa komunitas sekitar juga diikutsertakan untuk melakukan pertunjukkan, pameran, instalasi, dan lainnya. Contohnya adalah Komunitas seni Nara Teater Flores Timur yang ikut memeriahkan acara PKN 2023 dengan menampilkan teatrikal dengan mengangkat tradisi Lamaholot Flores Timur.Pemasangan iklan Pekan Kebudayaan Nasional 2023 di media luar ruang seperti kereta MRT atau videotron membantu komunitas di luaran sana untuk bergabung dalam PKN 2023 atau masyarakat umum yang ingin menghabiskan waktunya disana.
Jadi, untuk anda yang tergabung dalam Komunitas dan butuh publikasi, atau pemilik Brand yang ingin engage dengan komunitas, media OOH sangat efektif. Jika ingin diskusi lebih lanjut, hubungi kami di hello@otegomedia.com, kami siap membantu!
Mengenai Otego MediaSebagai media OOH, Otego selalu berkomitmen membantu klien dan pemilik brand membuat iklan maupun konsep kreatif yang menarik, tidak membosankan, yang bisa meningkatkan awareness dan brand value.Otego Media dapat membantu anda beriklan di MRT Jakarta dengan beragam pilihan lokasi maupun strategi iklan dan menjangkau lebih dari 19.7 juta Audiens (data ridership MRT 2022), dengan tingkat awareness iklan mencapai 87% dan persepsi iklan 90% bagus/sangat bagus (Otego Media Audience Research, 2022).Otego Media adalah perusahaan media periklanan yang menyediakan semua aspek iklan komersial di wilayah operasional MRT Jakarta, baik di stasiun maupun ratangga.