MEDIA LUAR RUANG: BAGAIMANA BRAND RETAIL BERIKLAN DI MEDIA LUAR RUANG

Media luar ruang erajaya di MRT
Otego media iklan luar ruang

Artikel Oleh

Ferina Arkan

5 Desember 2023

Disadur dari artikel:

https://shorturl.at/wyOP1 

Zaman sekarang, persaingan antar bisnis mulai ketat terutama pada bidang ritel. Sekarang perlu adanya cara yang berbeda, inovatif, dan efektif dalam mengiklankan brand ritel agar dikenali banyak target pasar. Salah satu penggunaan iklan luar ruang dapat menjadi opsi untuk brand ritel beriklan, karena iklan luar ruang tidak hanya sekadar menampilkan logo atau produk, tetapi memiliki manfaat strategis yang dapat meningkatkan visibilitas, membangun kepercayaan konsumen, dan menghasilkan keuntungan jangka panjang bagi brand ritel.

Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengapa brand ritel Anda perlu memasang iklan luar ruang terlebih di stasiun MRT Jakarta. Pemasangan di stasiun MRT Jakarta dirasa menjadi peluang emas bagi brand ritel untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan beragam selagi transit maupun berpergian.

4 Alasan Mengapa Brand Ritel Harus Memasang Iklan Media Luar Ruang di MRT Jakarta:

1.Mempunyai Eksposur yang Luas dan Targeted

Dengan adanya 13 stasiun MRT di Jakarta saat ini menjadi tempat yang strategis untuk brand ritel memasang iklannya, dengan lokasi tersebut yang sudah terhubung dengan titik penting di kota Jakarta sehingga dapat membantu brand memperluas jangkauannya. Pada Juni 2023 dilaporkan bahwa 90.685 orang menaiki MRT Jakarta setiap harinya, dengan jumlah penumpang yang tinggi di setiap harinya membuat eksposur dari brand yang diiklankan semakin tinggi.

2.Memperkuat Citra Urban dan Modern

Simbol urban dan modern dari transportasi umum di Jakarta adalah MRT, karena MRT merupakan transportasi yang baru dihadirkan pemerintah dengan kombinasi teknologi terbaru serta efisien secara waktu. Beberapa brand ritel dapat membuat iklan yang memanfaatkan teknologi seperti menambahkan QR code, DOOH, maupun AR (Augmented Reality) sehingga lebih menarik perhatian target konsumen yang penyuka urban dan modernisasi.

3.Menggerakkan Kunjungan ke Toko Fisik

Penempatan iklan yang berada di tempat pemberhentian maupun peron MRT dapat menjadi alat pendorong penumpang MRT mengunjungi toko fisik brand tersebut. Selain brand awareness yang diberikan, desain (logo, warna, dan elemen desain) dari iklan brand ritel perlu diperhatikan, agar membantu menciptakan citra yang mudah diingat oleh konsumen. Menambahkan pesan yang mengundang dan menarik juga dapat menarik target konsumen agar berkunjung ke toko fisik. Contoh pesan di dalam iklan yang mengundang banyak target konsumen ke toko fisik dengan menambahkan unsur promo atau diskon, menampilkan produk terbaru di dalam iklan tersebut, dan melakukan kampanye interaktif marketing dengan bagi-bagi free sampling.

4.Programatik: Akses Tanpa Hambatan ke Inventaris

Kemampuan programatik dalam DOOH berarti bahwa siapa pun yang membeli iklan melalui platform sisi permintaan (DSP) sekarang dapat memanfaatkan DOOH di samping saluran programatik lainnya. Ini adalah pilihan yang bagus untuk merek yang juga berinvestasi di media ritel online karena menyediakan satu titik akses mandiri untuk semua saluran, membuat pemesanan dan perencanaan kampanye multi-saluran menjadi mudah.

Hal ini juga membantu melindungi pembeli dari beberapa efek negatif dari kompleksitas seperti pelaporan yang terfragmentasi dan potensi paparan iklan yang berlebihan. Selain itu, jika Anda menggunakan integrasi data yang tepat, Anda dapat menghubungkan data pihak pertama dari CRM Anda ke kampanye iklan Anda untuk meningkatkan penargetan dan personalisasi.

Beberapa Contoh Retail di Indonesia yang Sudah Menggunakan Media Luar Ruang di Stasiun MRT

– Samsonite

Akses lebih lengkap di https://www.instagram.com/p/CxfGo6KJFdy/

-Samsung

Akses lebih lengkapnya di https://www.instagram.com/p/CwgwDrvJk7E/ 

-American Tourister

Akses lebih lengkapnya di https://www.instagram.com/p/CxCO-HcJTiR/
Jadi, untuk Anda yang pemilik brand ritel yang ingin mengembangkan bisnis Anda, media luar ruang sangat efektif untuk digunakan menjadi salah satu strategi kampanye Anda. Jika ingin diskusi lebih lanjut, hubungi kami di hello@otegomedia.com, kami siap membantu!
Mengenai Otego Media Sebagai media OOH, Otego selalu berkomitmen membantu klien dan pemilik brand membuat iklan maupun konsep kreatif yang menarik, tidak membosankan, yang bisa meningkatkan awareness dan brand value. Otego Media dapat membantu anda beriklan di MRT Jakarta dengan beragam pilihan lokasi maupun strategi iklan dan menjangkau lebih dari 19.7 juta Audiens (data ridership MRT 2022), dengan tingkat awareness iklan mencapai 87% dan persepsi iklan 90% bagus/sangat bagus (Otego Media Audience Research, 2022). Otego Media adalah perusahaan media periklanan yang menyediakan semua aspek iklan komersial di wilayah operasional MRT Jakarta, baik di stasiun maupun ratangga.