MEDIA LUAR RUANG: ALAT MEMPERCANTIK TATA RUANG KOTA

media luar ruang di Bundaran HI

Otego media iklan luar ruang

Artikel Oleh

Ferina Arkan

27 September 2023

Disadur dari artikel

https://shorturl.at/kyIMY 

Definisi Media Luar Ruang

Pengertian dari media luar ruang yaitu sebuah media periklanan yang dapat ditemukan pada luar rumah konsumen. Simpelnya adalah semua iklan yang akan Anda temui saat berkendara ke tempat kerja atau ke sekolah maupun menunggu kendaraan umum (bus, pesawat, dan kereta). Media ini memiliki ukuran yang beragam, mulai dari poster A3 hingga papan billboard pinggir jalan dan layar yang menempel pada bangunan, semua disebut media luar ruang. Para pengiklan dapat memanfaatkan momen waktu konsumen beraktivitas di luar rumah untuk memberikan informasi produk atau jasa mereka kepada target konsumen tanpa membuat mereka merasa terganggu.

Billboard Sebagai Media Luar Ruang

Kebanyakan orang saat ditanya mengenai ‘contoh media luar ruang’ akan menyebut iklan billboard atau papan reklame. Billboard dapat ditemui di koridor jalan (fasilitas dan infrasutuktur kota), tempat umum (pasar, halte, bandara), dan lokasi jalan yang ramai dilalui masyarakat.

Di sepanjang jalan besar Anda hampir pasti dapat menemukan satu atau dua papan reklame yang menampilkan iklan. Selain melihat sisi komersil, apakah billboard yang terpampang di jalan bisa menjadi identitas atau penanda dari suatu bangunan atau kota? Dan apakah media luar ruang bisa memberikan warna terhadap kota dan tata ruangnya?

Media Luar Ruang Yang Mempercantik Tata Ruang Kota

Hal penting yang harus diperhatikan dalam menempatkan iklan luar ruang adalah lokasi yang dipilih. Pemilihan lokasi harus strategis, cocok dengan target audiens yang disasar, dan sering dilalui banyak orang. Kebanyakan pemasang iklan akan memilih jalanan yang sering dilalui, jalan tol, pusat perbelanjaan, transportasi publik, pemberhentian umum, dan lokasi-lokasi lain yang punya peluang adanya banyak orang berkerumun.

Tapi tahukah Anda, bahwa peletakan media luar ruang tersebut sudah ditata dan diatur perencana wilayah dan kota, media tersebut lebih teratur, lebih rapi, dan terkadang dipercantik dan menyatu dengan bangunan dan tempat di sekelilingnya. Dengan perencanaan yang tepat, media luar bukan hanya berfungsi secara komersil, tapi juga memberikan warna baru terhadap tampilan kota. Cahaya dari produk yang beriklan dapat memberikan nuansa “perkotaan” yang dinamis, apalagi jika dilihat pada malam hari. Dengan dipasangnya media luar ruang di titik tersebut bisa mendapat lebih banyak perhatian orang terhadap iklan serta menjangkau lebih banyak target pasar.

Alasan Media Luar Ruang Dapat Menjadi Alat Mempercantik Ruang Kota

1.Memberi Sentuhan Warna Pada Bangunan Kota Dengan kehadiran Out of Home media yang berukuran besar dan berisi iklan, dapat menghidupkan ‘jiwa’ perkotaan. Pastinya saat mengiklankan sesuatu hal yang perlu diperhatikan adalah warna dan design dari iklan, karena semakin unik dan menonjol akan semakin menarik perhatian masyarakat yang lewat. Sehingga, design dan warna yang dipilih pengiklan dapat menjadi sentuhan baru untuk perkotaan. Pencahayaan yang baik dan aman juga diperlukan, sehingga apabila saat malam hari masyarakat dapat menikmati city light tanpa merasa terganggu. 2.Memberi Kesan Futuristis Menurut KBBI pengertian dari futuristis adalah terarah serta tertuju ke masa depan dan berhubungan dengan future, futurism, atau futurologi (modern sekali). Dengan banyaknya media luar ruang yang menggunakan teknologi (DOOH)  banyak pengiklan yang bisa memasang produknya supaya terprogram agar kemunculannya disesuaikan dengan konteks (cuaca, lokasi, hari besar tertentu, dsb) atau berdasarkan audiens yang diinginkan. Kemampuan ini adalah konsep baru yang tidak akan ditemukan di masa lalu dan konsep tersebut akan dihadirkan di masa depan.

Contoh Kota dengan Penerapan Media Luar Ruang yang Mempercantik Tata Ruang

1. Times Square, New York Kawasan terkenal Times Square New York di Manhattan, menjadi bukti bahwa kehadiran media luar ruang di kawasan tersebut menjadi alat percantik kota bahkan menjadi ikon dari daerah tersebut. Bisa dibilang jika Anda ke New York tapi belum ke Times Square belum disebut telah pergi ke kota New York. Di sepanjang jalanan Times Square Anda akan menemukan billboard, videotron, LED Screen, DOOH, dan media luar ruang lainnya. Kawasan tersebut menjadi tempat paling ramai karena banyaknya pusat perbelanjaan, wisata kuliner, dan aneka pertunjukkan jalan, sehingga banyak pengunjung. Kesempatan itu pula yang digunakan para pebisnis untuk mengiklankan produk atau jasanya di videotron Times Square, meskipun dengan harga media iklan yang tidak sedikit. Menurut Detik Hot harga yang ditawarkan untuk beriklan di LED Screen Times Square yaitu dimulai dari $5.000 (sekitar Rp78 juta) per hari sebagai syarat minimum, dan akan menjadi $50.000 (sekitar Rp784 juta) per hari. 2. Dotonbori, Osaka, Jepang Bila berkunjung di Jepang kurang lengkap jika tidak pergi ke ikon yang legendaris yaitu ‘Glico Man’ Billboard pada kota Osaka negara Jepang. Kawasan tersebut sama seperti Times Square bahwa banyak restoran autentik Jepang dan billboard besar yang menjadi daya tarik turis untuk berkunjung. Pada malam hari turis dimanjakan dengan warna-warni dan lighting iklan yang ditapilkan oleh billboard. 3. COEX Area, Gangnam, Seoul, Korea Selatan Area Gangnam di Korea menjadi salah satu bukti bahwa hadirnya media luar ruang dapat menjadi alat percantik kota. Area yang menjadi tujuan turis ini, mempunyai banyak billboard di setiap infrastuktur maupun sepanjang jalannya. Kebanyakan para warga Korea akan menggunakan LED billboard untuk merayakan ulang tahun idol Korea favorit mereka atau project tertentu, sehingga minat dari warganya terhadap media luar ruang dikatakan tinggi.

Dapatkah Jakarta Menjadikan Media Luar Ruang Sebagai Ikon Kota?

Melihat perkembangan yang terjadi, kota Jakarta dapat meniru kota-kota lain seperti New York, Osaka, atau Seoul seperti contoh di atas. Potensi liputan media luar ruang menurut Nielsen CMV adalah 66% pada tahun 2019, menunjukkan ada antusiasme dari masyarakat terhadap media luar ruang. Kehadiran ibu kota terbaru Indonesia yaitu Ibu Kota Negara (IKN) yang saat ini digadang-gadang akan menjadi kota modern atau smart city juga membuat media luar ruang semakin besar potensinya. Jadi, selain menjadi media beriklan ternyata media luar ruang juga dapat menjadi alat percantik kota hingga menjadi tempat yang ikonik dan menarik banyak perhatian turis. Anda pun dapat berkontribusi. Sekarang saatnya produk anda mewarnai dan mempercantik kota.
Mengenai Otego Media Sebagai media OOH, Otego selalu berkomitmen membantu klien dan pemilik brand membuat iklan maupun konsep kreatif yang menarik, tidak membosankan, yang bisa meningkatkan awareness dan brand value. Otego Media dapat membantu anda beriklan di MRT Jakarta dengan beragam pilihan lokasi maupun strategi iklan dan menjangkau lebih dari 19.7 juta Audiens (data ridership MRT 2022), dengan tingkat awareness iklan mencapai 87% dan persepsi iklan 90% bagus/sangat bagus (Otego Media Audience Research, 2022). Otego Media adalah perusahaan media periklanan yang menyediakan semua aspek iklan komersial di wilayah operasional MRT Jakarta, baik di stasiun maupun ratangga. Untuk Kerjasama, silakan menghubungi kami di hello@otegomedia.com