interaktif marketing

Pernah Dengar Tentang Interaktif Marketing? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Otego Media

Marketing Strategist

Paramita Jayanthi

04 Oktober 2022

Marketing merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mempromosikan barang ataupun jasa, Kegiatan marketing tak terbatas untuk dilakukan oleh perusahaan dalam skala besar saja, siapapun bisa melakukan kegiatan marketing.

Marketing atau pemasaran, saat ini juga telah mengalami banyak perkembangan. Terdapat berbagai strategi baru yang muncul seiring perkembangannya. Salah satu perkembangan dalam dunia marketing yang kini tengah marak dibahas maupun dilakukan adalah digital marketing. Walaupun telah mengalami digitalisasi, strategi marketing yang lebih dulu seperti interaktif marketing tetap manjur untuk dilakukan karena memiliki daya tariknya tersendiri.

Pengertian Interaktif Marketing

Interaktif marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan pendekatan dua arah yang berfokus pada interaksi dan kolaborasi dengan audiens. Marketing biasanya dilakukan dengan satu arah, dimana audiens mendengarkan penjelasan mengenai produk/jasa dari seorang marketer. Namun hal tersebut dapat membuat audiens kewalahan dan malas mendengarkan, maka metode pendekatan interaktif dapat menjadi solusi.

Perbedaan Interaktif Marketing dengan Srategi Marketing Lainnya

Perbedaan marketing konvensional dan marketing interaktif menitik-beratkan pada metoode pendekatannya. Pendekatan marketing konvensional seringkali terasa dingin dan impersonal. Padahal, marketer sedang mencoba menjual barang/jasa yang dapat menjadi solusi permasalahan audiens. Maka itu akan lebih baik apabila pendekatan yang dipakai adalah pendekatan dua arah. Sehingga audiens merasa masalahnya terdengar dan juga terkoneksi secara personal dengan brand. Dengan cara ini, kemungkinan audiens untuk meembeli barang/jasa juga akan lebih tinggi.

Simak ragam contoh cara untuk menerapkan interaktif marketing berikut ini!

Contoh Interaktif Marketing

1. Personalized Content

Dewasa ini, semakin banyak perusahaan yang membuat konten personal bagi setiap pengguna atau pembelinya. Hal ini dapat menjadi salah satu kelebihan dan daya tarik yang kuat bagi perusahaan, karena setiap konten terlihat unik sehingga dapat mendorong angka engagement. Contoh personalized content adalah strategi yang kerap kali dilakukan oleh Spotify, sebuah aplikasi yang menyediakan layanan streaming lagu digital dan juga podcast.

interaktif marketing

Beberapa waktu sekali, Spotify akan memberikan list lagu yang sesuai dengan aliran musik yang seringkali didengarkan oleh penggunanya. Aplikasi ini juga memberikan playlist dan laporan tahunan, dimana pengguna dapat melihat lagu apa yang mereka paling sering dengarkan dan berapa lama total akuumulatif mereka mendengarrkan lagu itu selama sepanjang tahun. Tentu saja setiap pengguna memiliki playlist unik yang berbeda satu sama lain, sehingga dapat menggelitik pengguna secara emosional.

2. Brand Activation

Salah satu cara lainya untuk melakukan interaktif marketing adalah dengan membuat brand activation. Brand activation sendiri dapat berupa event, expo, pameran, dan lain-lain. Sehingga, audiens benar-benar dapat berinteraksi langsung dengan brand maupun mencoba produk/jasa mereka.

Salah satu brand activation yang ada di Jakarta belakangan ini adalah photo booth dari Bigo Live yang berlokasi di Stasiun MRT Bundaran HI. Bigo Live membuat photo booth gratis untuk para penumpang MRT ataupun orang lain yang berlalu-lalang di dalam stasiun tsb. Selain itu, ada juga brand activation dari perusahaan Astra yang membuat serangkaian acara seperti games claw machine berhadiah sampai dengan gigs dari RAN di dalam Stasiun MRT.

interaktif marketing

Hal ini mendorong awareness terhadap brand sehingga kedepannya, orang-orang semakin akrab dengan brand dan memiliki kemungkinan untuk menggunakannya lebih tinggi.

3. Games, Quiz dan Polls

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan interaksi antara brand dengan audiens adalah dengan menyelenggarakan game, quiz ataupun membuat polls. Mengapa mudah? Karena ketiga hal tersebut dapat dilakukan pada sosial media yang brand telah miliki.

Audiens bisa ‘bermain game’ dengan brand melalui berbagai platform sosial media seperti Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Sebagai media media OOH (iklan luar ruang), Otego selalu berkomitmen untuk terus membantu para client brand menciptakan konsep kreatif, sebuah cara beriklan yang luar biasa, tak membosankan  yang dapat meningkatkan brand awareness dan juga meningkatkan nilai dari sebuah brand.

Otego dapat membantumu untuk pasang iklan di MRT Jakarta dengan banyak pilihan lokasi maupun strategi beriklan. Otego dapat membantumu menjangkau lebih dari 9.000.000 audiens (riset menurut laporan tahunan MRT Jakarta tahun 2020) dengan tingkat brand recall dari audiens setinggi 90% (riset audiens Otego, 2019).

Otego media adalah media iklan luar ruang OOH yang menyediakan semua aspek layanan periklanan di area operasi MRT Jakarta, baik di stasiun maupun di kereta. Untuk keperluan kerja sama, hubungi kami di hello@otegomedia.com