DOOH

Apa itu DOOH? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Otego Media

Marketing Strategist

Paramita Jayanthi

09 September 2022

Mungkin kalian telah akrab dengan istilah OOH (Out-Of-Home) advertising atau iklan luar ruang, iklan ini memiliki ciri dapat dijumpai di tempat-tempat publik sehingga dapat dilihat oleh audiens secara masif.

Nah, OOH memiliki istilah yang masih merupakan turunannya. Sekarang ini, orang-orang mulai mendengar istilah baru, yaitu Digital Out Of Home (DOOH).

Apa sih sebetulnya Digital Out Of Home itu dan apa perbedaannya dengan OOH? Simak penjelasannya!

Definisi DOOH

DOOH merupakan singkatan dari Digital Out of Home advertising atau periklanan luar ruang yang dilakukan secara digital.

Iklan luar ruang digital ini muncul dari adanya tren iklan luar ruang yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi.

Iklan jenis OOH yang biasanya hanya menggunakan media statis kemudian berkembang menjadi DOOH yang menggunakan media dinamis dengan kualitas gambar lebih baik dan pastinya lebih canggih.

DOOH vs OOH

Lalu sebenarnya apa perbedaan dari DOOH dan OOH?

Sebenarnya, baik iklan Digital Out Of Home maupun iklan Out Of Home sama-sama merupakan jenis iklan yang dijumpai di luar ruangan. Perbedaan keduanya terletak dari penggunaan medianya.

OOH menggunakan media untuk memampang gambar secara statis seperti billboard, wall sticker, dan lain-lain. OOH sangat efektif karena dapat menjangkau audiens secara masif dan juga tepat sasaran. Lokasi dan jenis media iklannya juga dapat disesuaikan dengan keinginan pengiklan agar dapat menjangkau audiens yang tepat.

Sedangkan Digital Out Of Home merupakan perkembangan dari OOH itu sendiri. Pada praktiknya, masih banyak perusahaan OOH yang juga menyediakan media Digital Out Of Home. Masih banyak pula orang yang mengira DOOH dan OOH itu sama.

Nah, apabila dilihat dari contohnya, iklanDigital Out Of Home memiliki contoh media seperti videotron, digital banner, digital signage, dan lainnya yang menggunakan media digital untuk beriklan.

Salah satu jenis media iklan luar ruang digital paling populer adalah videotron, yaitu sebuah LED screen besar yang dapat menampilkan video. Karena bentuknya yang umumnya besar dan berada di tempat keramaian, juga produk yang ditampilkan berupa gambar bergerak, videotron menjadi pilihan tepat untuk mempromosikan produk baru dengan hasil yang efektif.

Apa Kelebihan DOOH?

Nah setelah mengetahui penjelasan dari iklan Digital Out Of Home dan perbedaannya dengan iklan Out Of Home, saatnya kita mengetahui kelebihan dari Digital Out Of Home. Bahkan biasanya manfaat Digital Out Of Home dirasakan audiens secara langsung. Berikut kelebihannya:

1. DOOH Dapat Membidik Target dengan Tepat

DOOH dapat membidik target yang jelas dan tepat. Biasanya karena lokasi pemasangan iklan DOOH di tempat-tempat publik seperti jalan, maka DOOH dapat dengan tepat menargetkan para pengendara, pejalan kaki, ataupun pengguna fasilitas publik lainnya.

DOOH dapat menjadi lebih dari sekadar iklan, DOOH bisa hadir untuk mengisi kebosanan dan waktu tunggu para pengguna fasilitas publik.

2. Memiliki Kesempatan Dilihat yang Lebih Besar

Karena penempatannya di tempat umum, Iklan Digital Out Of Home biasanya memiliki ukuran yang besar agar dapat menarik perhatian keramaian. Sehingga, iklan DOOH tidak dapat diabaikan. Selain itu, iklan DOOH juga tak dapat di skip dan akan terus menampilkan video sepanjang waktu.

Hal ini dapat membuat brand pengiklan semakin terkenal. Selanjutnya, beberapa pengiklan juga dengan sengaja membuat iklan ber-series atau bersambung, agar audiens merasa penasaran terhadap kelanjutan cerita dalam iklan tersebut.

3. Meningkatkan Tingkat Kepercayaan Audiens

Manfaat yang terakhir adalah iklan DOOH dapat meningkatkan kepercayaan audiens pada brand. Hal ini karena sebuah perusahaan yang mengiklan di luar ruang atau menggunakan iklan DOOH dianggap serius, bermodal, dan karenanya semakin terpercaya. Apalagi bila iklan yang disuguhkan menghibur sekaligus relevan dengan target audiensnya.

Sebagai media media OOH (iklan luar ruang), Otego selalu berkomitmen untuk terus membantu para client brand menciptakan konsep kreatif, sebuah cara beriklan yang luar biasa, tak membosankan  yang dapat meningkatkan brand awareness dan juga meningkatkan nilai dari sebuah brand.

Otego dapat membantumu memasang iklan di MRT Jakarta dengan banyak pilihan lokasi maupun strategi beriklan. Otego dapat membantumu menjangkau lebih dari 9.000.000 audiens (riset menurut laporan tahunan MRT Jakarta tahun 2020) dengan tingkat brand recall dari audiens setinggi 90% (riset audiens Otego, 2019).

Otego media adalah media iklan luar ruang OOH yang menyediakan semua aspek layanan periklanan di area operasi MRT Jakarta, baik di stasiun maupun di kereta. Untuk keperluan kerja sama, hubungi kami di hello@otegomedia.com