media OOH

Media OOH: Kupas Tuntas Definisi dan Jenis Serta Contohnya!

 

Otego media iklan luar ruang

 

Marketing Strategist

Paramita Jayanthi

01 September 2022

 

Apa Itu Out of Home Media?

Out of Home Media atau yang seringkali disingkat sebagai media OOH, dalam Bahasa Indonesia berarti iklan di luar rumah. Namun sebenarnya OOH merupakan segala jenis iklan yang berada di luar ruang, maka dari itu OOH juga dikenal dengan istilah iklan luar ruang.

OOH adalah sebutan untuk iklan yang menargetkan audiensnya yang tengah berada di luar rumah. Iklan OOH termasuk seperti billboard, baliho, LED screen di pinggir jalan, maupun iklan-iklan di tempat tunggu transportasi umum seperti halte, stasiun, maupun bandara.

Klasifikasi Out of Home Media

1. Transit Media

Salah satu jenis iklan OOH adalah transit media. Transit media merupakan iklan yang berada pada tempat tunggu moda transportasi umum tertentu. Jenis iklan luar ruang yang satu ini memanfaatkan keramaian orang-orang yang sedang menunggu datangnya transportasi sebagai salah peluang beriklan. Misalnya seperti iklan pada bandara, pada eksterior bus, eksterior truk, iklan di MRT ataupun stasiun kereta.

2. Road Side

Media OOH yang kedua adalah iklan yang terdapat pada pinggiran jalan, seperti baliho ataupun billboard. Iklan yang terletak di pinggir jalan dapat menaikkan brand awareness dengan cepat karena lokasinya yang dilewati berbagai orang: mulai dari pengendara motor, mobil, sampai pejalan kaki, dan juga karena posisi yang tinggi dan ukuran yang besar sehingga iklan tersebut dapat dilihat sepanjang hari. Media OOH jenis ini dapat membuat brand-mu terkenal dengan poster yang eye-catching sehingga menempel di benak audiens. Selain itu, media OOH jenis ini memiliki ciri yang khusus yaitu dapat menjangkau audiens secara universal dan masif.

 3. Retail/PoS/Leisure

Jenis iklan ini biasanya dipasang pada tempat-tempat hiburan atau perbelanjaan. Media OOH satu ini memanfaatkan momen para audiensnya yang telah berada dalam pikiran ‘ingin belanja’. Biasanya, iklan pada jenis ini langsung mengarah pada penurunan harga atau diskon yang tengah berlangsung. Beberapa spot yang biasa dipasang media OOH jenis ini adalah pada pusat rekreasi, bar dan klub malam, mall atau supermarket, pom bensin, trolley, dan lain-lain.

4. New & Digital

Jenis OOH media yang satu ini lebih modern lagi ketimbang jenis-jenis lainnya. Biasanya menggunakan permainan cahaya dan visual estetik yang membuat mata melirik. Contoh media OOH digital yang baru adalah iklan-iklan seperti video mapping yang menggunakan proyeksi, iklan interaktif, iklan digital di handphone, holografik, QR code, dll.

Contoh Media OOH

1. Billboard

media OOH: billboard

Billboard merupakan sebuah iklan luar ruang yang berukuran besar, umumnya berisikan gambar dan sedikit tulisan menarik.

2. Light Box

media OOH: light box

Light box adalah sejenis iklan luar yang berbentuk panel yang berfungsi untuk menampilkan suatu gambar. Light box merupakan hasil perkembangan dari neon box.

3. LED Screen atau Videotron

Media OOH: LED screen

Jenis iklan luar ruang yang satu ini melibatkan layar LED besar untuk menayangkan video sepanjang waktu.

Apa Kelebihan Menggunakan Media OOH?

1. Unik

Kalian dapat mengkreasikan OOH se-kreatif mungkin. Beberapa brand mungkin hanya membuat visual yang cantik, namun sebetulnya media OOH dapat dikembangkan menjadi media dengan visual yang tak hanya menarik, namun juga interaktif.

2. Fleksibel

Tersedia dari berbagai strategi, ukuran, bentuk, dan format.

3. Relevan

Dengan teknologi Bernama programmatic, media OOH dapat menyampaikan pesan yang tepat untuk audiens yang tepat di waktu yang tepat pada tempat yang tepat.

4. Jangkauan Luas

Media OOH dapat menjangkau audiens secara masif, maka dari itu iklan atau kampanye unik dan nyeleneh pun memiliki potensi viral yang lebih besar.

5. Persuasif

Iklan digital seperti Google Ads dan Facebook Ads memang memiliki banyak keunggulan. Namun iklan yang dihasilkannya tetap dapat dihentikan, diblokir, ditutup, ataupun di lewati. Sedangkan tidak dengan iklan OOH yang tidak dapat terabaikan.

6. Inovatif

Iklan OOH selalu berkembang untuk menciptakan iklan maupun activation yang lebih menarik lagi, berkembang mengikuti dengan gaya hidup orang-orang yang berubah.

Sebagai media iklan luar ruang (Out-of-Home media) yang selalu tertantang untuk berkembang, Otego selalu berkomitmen untuk terus menciptakan konsep kreatif, sebuah cara beriklan yang luar biasa, tak membosankan, dan juga menciptakan sebuah hype yang dapat meningkatkan nilai dari sebuah brand.

Otego media adalah media iklan luar ruang OOH yang menyediakan semua aspek layanan periklanan di area operasi MRT Jakarta, baik di stasiun maupun di kereta. Untuk keperluan kerja sama, hubungi kami di hello@otegomedia.com