Marketing Creative

by :
Pahala Sigiro
14 Maret 2022

Imajinasi Menjadi Nyata: Industri Film dan Media Luar Ruang

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Cinema has no boundary; it is a ribbon of dream. Mengutip pembuat film legendaris Amerika, Orson Welles; film tidak memiliki batas. Jenis hiburan ini adalah pita yang menautkan imajinasi dari yang membuat dengan impian dari kita yang menyaksikannya. Industri ini membawa kita ke tempat dimana semua hal mungkin dan bisa terjadi, melupakan sejenak kesulitan hidup dan mengajak kita takjub, tertawa, terkejut, terharu, sedih, dan gembira bersama. Disini kita akan membahas industri film dan media luar ruang.

Sesudah diredupkan pandemi, industri hiburan, film, dan bioskop, kini perlahan mengepakkan sayapnya kembali. Selama pandemi, masyarakat yang haus hiburan mencari dan mendapatkan ruang penyaluran di platform streaming. Sesudah dua tahun tertidur, seiring dilonggarkannya batasan aktivitas luar ruang, industri hiburan luar rumah, mulai bertemu kembali dengan audiens utamanya, para penonton; penikmat pita mimpi.

Memulai lagi pertemuan ini tidak mudah karena selain harus meyakinkan keamanan dan kebersihan lokasi, penyelenggara hiburan harus kembali gencar melakukan promosi untuk meningkatkan ketertarikan orang-orang menonton. Jika diperhatikan dengan seksama, ada satu media periklanan yang selalu digunakan oleh industri hiburan. Media tersebut adalah Out of Home advertising (OOH) atau iklan media luar ruang.

Memanfaatkan Momentum

Film adalah industri yang bergerak dengan cepat dan berpacu dengan waktu. Sebuah film biasanya memiliki rentang waktu penayangan. Di bioskop, sebuah film bisa memiliki rata-rata penayangan antara 1 sampai 2 bulan, sementara di streaming tersedia lebih lama untuk bisa diakses. Kesamaan kedua bentuk hiburan ini adalah mereka memiliki tanggal perilisan spesifik. Film-film besar biasanya akan mengincar waktu libur di tengah tahun maupun akhir tahun. Jadi, untuk memastikan sebuah film bisa sukses, awareness harus dibangun jauh sebelum tanggal rilis.

Audiens harus diingatkan agar terus tertarik akan pertunjukan tersebut hingga waktu tayang datang. Sifat yang masif maupun sepesifik untuk memastikan awareness maupun interest adalah salah satu kekuatan Out of Home. Inilah sebabnya mengapa pengiklan dari industri hiburan selalu mengandalkan OOH untuk mempromosikan konten mereka.

Menjangkau Audiens Yang Masif Atau Spesifik

Media OOH menggunakan demografi dan psikografis audiens untuk mendapatkan pemahaman yang lebih akurat dengan jangkauan luas. Para pelaku pemasaran memiliki data pendukung yang kuat dalam menentukan audiens mana yang sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari billboard pinggir jalan, layar digital, tembok, poster dan mural, hingga lokasi-lokasi strategis stasiun, tempat transit, kendaraan hingga pusat perbelanjaan. Masing-masing memiliki karakter media spesifik yang bisa disesuaikan dengan target penonton dari konten yang akan ditayangkan.

Namun yang paling menonjol adalah kesesuaian audiens penonton film dengan media luar ruang; mereka yang muda, penuh perhatian, aktif, lebih berpenghasilan dan tingkat  pendidikan lebih tinggi daripada masyarakat umum.

Membangun Keingintahuan dan mendapatkan perhatian

Dengan beragamnya tayangan dan film yang tersedia, akan sulit untuk menentukan mana tayangan yang akan jadi sukses dan mana yang gagal mendapatkan audiens. Saat calon penonton melihat iklan OOH, ini adalah waktu untuk membuat pernyataan kepada mereka “Hey, tayangan ini cukup bagus untuk bisa terlihat di media OOH, jadi ini juga bagus bagi anda untuk ditonton”

OOH memiliki cara yang unik untuk menangkap imajinasi khalayak, menciptakan gaung (buzz) di dunia maya, dan pada akhirnya menimbulkan rasa keingintahuan konsumen untuk menonton. Industri Hiburan paling juara dalam membangun keingintahuan dan antisipasi terhadap rilisan baru, karena mereka harus bersaing untuk mendapatkan perhatian calon penonton.

Melibatkan Audiens dengan Kreativitas Tanpa Batas

Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat keterlibatan audiens dalam sebuah campaign. Industri perfilman mengandalkan OOH untuk membangun ketenaran dengan membuat orang-orang terpana hingga posting di socmed-nya.

INDUSTRI FILM DAN MEDIA LUAR RUANG
(Source Image: Wayne Dhesi/https://www.campaignlive.co.uk/)

OOH memiliki kemampuan untuk mendistraksi perjalanan seseorang, memisahkan fokus  seseorang dari hal yang sedang mereka jalani dengan visual dan pesan yang menarik. Ini salah satu alasan industri perfilman sering kali membangun campaign OOH dengan tampilan unik yang menarik perhatian audiens. Tujuannya adalah agar audiens terkesima dan melakukan aktivasi dengan sendirinya, seperti melakukan dokumentasi dan menyebarkannya di media sosial-tanpa kita minta. Voila! Inilah yang dibutuhkan industri perfilman, campaign dari pertunjukan mendapat exposure langsung dari audiens.

Mengutip dari Movia, bahwa OOH memiliki cara yang unik untuk menangkap imajinasi audiens, dapat menciptakan word of mouth baik secara online maupun offline dan pada akhirnya akan semakin menyebarkan pesan pada audiens yang lebih luas terhadap apa yang diiklankan.

Pesan Untuk Industri Lain: Kekuatan Media Visual


(Source Image: https://goldentrailer.com)

Berdasarkan data dari OAAA bahwa 55 persen orang yang melihat media OOHmengatakan bahwa mereka “highly engaged” dengan pesan, oleh karena itu kreativitas dibutuhkan. Sebuah promosi pertunjukan yang stand out adalah yang diinginkan oleh industri perfilman, mereka kerap rela mengeluarkan promosi besar-besaran dan berlomba-lomba untuk memutar ide kreatif. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan visual yang mengesankan, dan menonjolkan produknya di antara produk-produk kompetitor.

Iklan OOH bisa mendukung kegiatan periklanan dengan menanamkan unsur mind blowing. Kita perlu mengingat bahwa visual yang menarik merupakan poin paling penting. Seseorang yang tadinya tidak memiliki rencana bisa tergerak untuk menonton sebuah film. Kekuatan visual yang menggerakkan call to action ini juga bisa dicontoh dan diterapkan industri-industri lain di luar industri hiburan. Visual yang baik dapat memberikan kesan dan recall yang kuat di pikiran audiens, yang akhirnya menjadi suatu pertimbangan dalam pembuatan keputusan. Itulah pembahasan kita mengenai industri film dan media luar ruang.

Media OOH selalu ditantang untuk berkembang, dan kami selalu dimanfaatkan sebagai media yang akan terus mengeksekusi konsep kreatif, menciptakan sebuah hype dan meningkatkan nilai dari sebuah brand. Jadi, anda tertarik untuk mewujudkan imajinasi anda menjadi nyata bersama OOH? Karena kami bisa.

Otego media adalah media luar ruang OOH yang menyediakan semua aspek layanan periklanan di area operasi MRT Jakarta, baik di stasiun maupun di kereta. Kerjasama ini sudah dimulai sejak tahun 2019.

More to explorer

WANT TO PLAY A GAME WITH ME ?

Marketing Creative by Edsabella / Pahala Sigiro 25 Oktober 2019 That opening line was questioned by a salesman (Gong Yoo) to Seong