anamorfis iklan luar ruang

Iklan 3D: Anamorfis Iklan Luar Ruang

Marketing Strategist – Paramita Jayanthi – 23 Agustus 2022

Tahukah kamu apa itu anamorfis dan hubungannya dengan iklan luar ruang? Mungkin kamu tidak berpikir apa keterkaitan dari kedua hal tersebut. Maka itu, mari kita bahas mengenai anamorfis iklan luar ruang lebih dalam.

Sekitar satu tahun yang lalu, warga Indonesia diramaikan dengan adanya penampakan UFO terbang di salah satu gedung di Jakarta. Pemandangan yang baru dan aneh tersebut membuat heboh banyak pihak hingga keberadaannya viral.

Pemandangan tersebut merupakan sebuah iklan 3D yang ditayangkan pada LED screen (videotron) raksasa di sebuah gedung. Hal tersebut pada dasarnya merupakan pengaplikasian teknik seni rupa kuno yang diadaptasi dengan era digital: anamorfis yang ditayangkan pada videotron atau LED screen.

anamorfis iklan luar ruang
Sumber: https://temposiana.com/ufo-di-jakarta-jadi-penanda-evolusi-iklan-luar-ruang/

Sebuah hal yang kuno, namun juga modern dalam waktu yang sama. Mari kita bahas lebih dalam mengenai apa itu anamorfis iklan luar ruang dan bagaimana teknik kuno dalam bidang seni rupa tersebut mempengaruhi industri iklan luar ruang di Indonesia saat ini.

Apa Itu Anamorfisme

Anamorfisme merupakan sebuah teknik penyajian gambar dalam bidang seni lukis. Anamorfisme adalah suatu keadaan ketika sang pelukis membuat gambar yang terdistorsi sehingga   hanya akan terlihat normal jika dilihat dari sudut tertentu.

Penggunaan teknik anamorfisme tertua yang pernah didokumentasikan adalah sebuah lukisan gua selama zaman batu, menggunakan sudut miring dinding untuk menciptakan ilusi.

anamorfis iklan luar ruang
Lukisan Badak di Gua Chauvet. Sumber gambar: Wikipedia https://en.wikipedia.org/wiki/Anamorphosis

Selanjutnya, penggunaan anamorfisme tua lainnya terdapat dalam sebuah lukisan zaman Renaissance karya Leonardo da Vinci berjudul Leonardo’s Eye serta pada lukisan karya Hans Holbein berjudul The Younger’s The Ambassadors. Pada lukisan Hans Holbein, ada garis miring abu-abu terdistorsi di kiri bawah lukisan. Saat melihat dari sudut pandang yang tepat, terlihat lukisan sebuah tengkorak.

anamorfisme iklan luar ruang
Lukisan The Younger’s Ambassadors karya Hans Holbein. Sumber gambar: wikimedia commons https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Hans_Holbein_the_Younger_-_The_Ambassadors_-_Google_Art_Project.jpg
Anamorfisme iklan luar ruang

Anamorfis Iklan Luar Ruang

Penggunaan anamorfisme secara modern dalam bentuk iklan 3D, apalagi dalam iklan luar ruang, memang membawa strategi marketing ke tingkat berikutnya yang lebih interaktif. Hal ini karena iklan 3D memungkinkan pelanggan untuk melihat produk dari setiap sudut, sedangkan iklan yang standar didesain untuk konsumsi pasif. Audiens melihat iklan lalu ia dapat menerima atau menolak iklan tersebut. Sebaliknya, iklan 3D dapat memberikan pengalaman audiens untuk mengakrabkan diri dengan produk lebih dulu.

Keberadaan LED screen yang kian marak dipakai oleh industri iklan luar ruang menjadi kesempatan baru untuk menciptakan seni digital dengan berbagai ‘ruang main’ yang baru. Berbagai konten visual yang menarik bagi iklan luar ruang digital juga berpeluang besar untuk membuat viral marketing online, seperti fenomena UFO terbang yang viral di tahun lalu.

Menagapa Anamorfis Iklan Luar Ruang Patut Dicoba!

Dengan adanya LED screen dimana-mana, teknik kuno seperti anamorfisme dapat diadaptasi sehingga akan menumbuhkan kreasi-kreasi unik yang berdampak tinggi (high engagement) pada audiens, karena dapat menciptakan pengalaman baru serta fleksibel dilakukan di berbagai lingkungan seperti gedung-gedung perkantoran, pameran, bandara, dsb.

1. Anamorfis Iklan Luar Ruang: Buat Iklanmu Bernilai!

Iklan luar ruang 3D merupakan sesuatu yang berbeda dan belum pasaran sehingga dapat menjadi nilai tambah pada suatu iklan, sehingga membuatnya lebih berdampak, dan juga terlihat lebih berkualitas.

2. Anamorfis Iklan Luar Ruang: Buat User-engagement Lebih Baik

Visual dari iklan 3D dapat memberikan pandangan yang detil dan seolah nyata terhadap suatu produk, sehingga memudahkan audiens untuk berinteraksi dengan produk dan iklan. Hal ini juga dapat membantu audiens untuk membuat keputusan pembelian yang lebih luas apabila produk ditunjukkan secara 3 dimensi.

3. Anamorfis Iklan Luar Ruang: Sulit Diabaikan!

Iklan luar ruang terutama pada iklan transit seperti iklan MRT Jakarta tidak bisa terabaikan, apalagi jika iklan yang ditampilkan adalah iklan 3D. Iklan luar ruang tidak memiliki tombol skip sehingga tidak bisa diabaikan. Iklan luar ruang terutama transit media juga tidak bisa dimatikan seperti televisi. Selanjutnya, iklan ini menjangkau seluruh orang yang melewatinya, hal ini amat menguntungkan untuk menyebarkan awareness, terutama jika iklan dipasang pada jam-jam sibuk.

Otego dapat membantu Anda menaruh iklan di MRT yang responsif terhadap gaya hidup orang-orang yang semakin sibuk dan juga update dengan era digital saat ini. Kami dapat membantu Anda menyebarluaskan iklan Anda di berbagai spot strategis yang tersebar pada 13 stasiun serta di dalam ratangga MRT.

Otego media adalah media luar ruang OOH Jakarta yang menyediakan semua aspek layanan periklanan di area operasi MRT Jakarta, baik di stasiun maupun di kereta. Untuk keperluan kerja sama, hubungi email kami di hello@otegomedia.com