Simak Ragam Bentuk Iklan Luar Ruang Berikut!

Otego media iklan luar ruang

Marketing Strategist

Paramita Jayanthi

29 Agustus 2022

Saat ini pandemi mulai melandai, banyak aktivitas yang telah kembali seperti semula. Sekolah, kantor, gedung lainnya pun telah beroperasi normal. Banyak dari kita yang harus kembali membiasakan mata dengan padatnya kota, kembali beradaptasi dengan jejalnya manusia, kembali membiasakan diri dengan mobilitas yang tinggi lagi.

Gaya hidup manusia yang semakin tinggi mobilitasnya ternyata merupakan suatu tantangan sekaligus peluang bagi industri iklan luar ruang. Iklan yang semula banyak berada di dalam rumah, kini merupakan momentum yang pas untuk berkembang menjadi iklan luar ruang.

Berikut beberapa contoh bentuk iklan luar ruang:

Bentuk Iklan Luar Ruang Statis

1. Iklan Luar Ruang Bentuk Brosur

brosur

Brosur merupakan iklan luar ruang yang terdapat pada selembar kertas. Mungkin kamu terbiasa menerima kertas selebaran berisikan produk terbaru, pembukaan restoran, ataupun diskon special suatu brand, itulah yang dinamakan brosur.

Brosur memiliki fungsi yang sama dengan iklan luar ruang lainnya yaitu untuk menyampaikan pesan pada calon konsumen sebagai bentuk persuasi untuk membeli suatu produk, baik barang maupun jasa. Brosur sendiri memiliki bermacam bentuk seperti flyer (20 cm x 11 cm), leaflet yang berukuran folio dilipat tiga, serta brosur yang berukuran setengah kertas folio.

2. Billboard

billboard

Billboard merupakan sebuah iklan luar ruang yang berukuran besar, umumnya berisikan gambar dan sedikit tulisan menarik. Jenis iklan luar ruang yang satu ini biasanya sering dijumpai di pinggir jalan, atap dinding sebuah gedung atau toko tertentu. Karena billboard biasanya ditempatkan di pinggir jalan, audiens yang melihatnya biasanya adalah orang-orang yang sedang mengendarai kendaraan. Maka itu, baik gambar maupun tulisan pada billboard haruslah mencolok sehingga dapat menarik perhatian dengan singkat. Selain billboard, terdapat iklan luar ruang dengan ciri yang sama lainnya, yaitu baliho. Perbedaan billboard dengan baliho adalah billboard bersifat lebih permanen dibandingkan baliho.

3. Light Box

bentuk iklan luar ruang

Light box adalah iklan luar ruang yang berbentuk panel yang berfungsi untuk menampilkan suatu gambar. Bentuknya tampak minimalis dan dapat ditemui di berbagai tempat seperti mall, stasiun kereta atau MRT, hotel, lokasi wisata, dan lain-lain. Light box merupakan hasil perkembangan dari neon box. Perbedaannya terletak pada fleksibilitasnya. Light box dapat berbentuk macam-macam sesuai dengan selera. Lampu yang digunakan pun dapat bermacam-macam sesuai kebutuhan. Sedangkan neon box berbentuk kotak dan menggunakan lampu neon sebagai sumber penerangannya.

Bentuk Iklan Luar Ruang Dinamis

1. Iklan Luar Ruang Bentuk Videotron atau LED Display

bentuk iklan luar ruang

Jenis iklan luar ruang yang satu ini melibatkan layar LED besar untuk menayangkan video sepanjang waktu. Videotron dapat ditemui pada gedung-gedung tinggi, stasiun, maupun stasiun. Videotron juga dikenal sebagai baliho digital ataupun LED Display. Apapun sebutannya, tujuan videotron tetap sama, yaitu sebagai media advertising ataupun media komunikasi.

2.Video Mapping

video mapping

Video mapping adalah suatu bentuk iklan luar ruang yang merupakan sebuah teknik pencahayaan artistic. Cahaya ini diproyeksikan pada sebuah bidang, seperti pada gedung, dinding, air, dan lain-lain. Video mapping membutuhkan tempat gelap, karena itu biasanya dilakukan pada malam hari agar terlihat kontras yang jelas dari warna atau bentuk yang diproyeksikan dengan background.

Sebagai media iklan luar ruang (Out-of-Home media) yang selalu tertantang untuk berkembang, Otego selalu berkomitmen untuk terus menciptakan konsep kreatif, sebuah cara beriklan yang luar biasa, tak membosankan, dan juga menciptakan sebuah hype yang dapat meningkatkan nilai dari sebuah brand.

Otego media adalah media iklan luar ruang OOH yang menyediakan semua aspek layanan periklanan di area operasi MRT Jakarta, baik di stasiun maupun di kereta. Untuk keperluan kerja sama, hubungi kami di hello@otegomedia.com